Possi Jatim Bersih-Bersih Pantai Pasir Putih Situbondo

Possi Jatim Bersih-Bersih Pantai Pasir Putih Situbondo

Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Jawa Timur membersihkan perairan di sepanjang dan tepi Pantai Pasir Putih, Situbondo pada 13 dan 14 November 2021.

Ada sekitar 20 penyelam yang memungut sampah di kedalaman hingga 10 meter. Sampah yang dibersihkan rata-rata sampah plastik, seperti botol air minum, masker, tempat makanan dan lainnya.

Acara bertajuk “Underwater Clean-Up dan Beach Clean-Up” ini hasil kolaborasi Possi Jatim dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) dan Suara Surabaya Media.

Mirza Muttaqin Ketua Possi Jatim mengatakan, acara ini juga merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan/Sertifikasi A1 CMAS Internasional serta Kejuaraan Daerah Orientasi Bawah Air (OBA) dan Openwater Finswimming (OWFS) yang diikuti 286 atlet OWFS, 39 atlet OBA, 36 atlet peserta sertifikasi dari 22 Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

“Bersih-bersih pantai dan laut ini adalah sebuah inisiasi yang pertama, dan kami harapkan ini menjadi sebuah gerakan yang dilakukan setiap ada kegiatan kejuaraan,” tuturnya melalui keterangan tertulis.

Kegiatan bersih-bersih sampah laut ini, kata Mirza, juga sebagai upaya mengedukasi kepada masyarakat sekitar pantai agar menjaga laut dari sampah, terutama sampah plastik.

“Perlu kesadaran bersama untuk menjaga pantai dan laut. Kami atlet, pelatih, dan instruktur selaku keluarga besar Possi Jatim berkomitmen menjaga kebersihan laut dan pantai karena selam adalah cabang olah raga laut, hidup kita sebagian besar juga di air,” ujarnya.(iss)

Berita Terbaru Terkait “Possi Jatim Bersih-Bersih Pantai Pasir Putih Situbondo” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021