PPKM Mikro Berdampak Positif pada Penanganan Covid-19 di Jawa-Bali

  • Bagikan
PPKM Mikro Berdampak Positif pada Penanganan Covid-19 di Jawa-Bali

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kabupaten/kota dan PPKM mikro tingkat RT/RW di Pulau Jawa-Bali, berjalan sesuai harapan.

Berdasarkan data, perkembangan mingguan pada kenaikan kasus dan angka kematian tertinggi, sudah tidak lagi didominasi daerah di Pulau Jawa.

Data per tanggal 21 Februari 2021, angka kematian pekan ini menurun 5,43 persen.

Bahkan, menurut Profesor Wiku, provinsi di Pulau Jawa tidak ada yang masuk dalam daftar lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi.

Lima provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi pekan ini adalah Sumatera Utara (naik dari 19 menjadi 27 kasus), Sulawesi Selatan (naik dari 15 menjadi 21 kasus), Riau (naik dari 16 menjadi 21 kasus), Kepulauan Riau (naik dari 4 menjadi 8 kasus), dan Kalimantan Tengah (naik dari 7 menjadi 11 kasus).

“Hal itu sejalan dengan perkembangan yang diharapkan. Sekarang kita sudah memasuki minggu ketiga pelaksanaan PPKM mikro tingkat RT/RW di Pulau Jawa dan Bali,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Walau angka kematian pekan ini cuma sedikit mengalami kenaikan, Wiku mengingatkan satu angka kematian adalah sebuah kehilangan besar.

Rendahnya angka kematian, lanjut Wiku, tidak boleh dianggap remeh dan membuat Satgas Penanganan Covid-19 berpuas diri.

Untuk tingkat kesembuhan, pekan ini ada kenaikan sekitar 12,5 persen. Tapi, Wiku menilai kenaikan pekan ini belum sesuai harapan, karena angkanya lebih rendah dari pekan sebelumnya.

Ada lima provinsi dengan angka kesembuhan mingguan tertinggi, yaitu Jawa Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan dan Bali.

“Secara umum kenaikan kasus dan kematian tertinggi sudah tidak lagi didominasi pulau Jawa dan Bali. Bahkan provinsi di Pulau Jawa tidak ada yang masuk lima provinsi dengan kematian tertinggi pekan ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, Satgas Penanganan Covid-19 menyayangkan adanya kenaikan penambahan kasus positif pekan ini sebanyak 2,61 persen dibandingkan dua pekan sebelumnya.

Dokter Wiku mengungkapkan, ada lima provinsi dengan kenaikan kasus Covid-19 tertinggi pekan ini, yaitu Jawa Barat, Banten, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jawa Tengah.

Sekadar informasi, pemerintah menerapkan PPKM Skala Mikro dari tanggal 9 Februari dan memperpanjang sampai 8 Maret 2021, untuk menekan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Jawa dan Bali.(rid/dfn/lim)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/ppkm-mikro-berdampak-positif-pada-penanganan-covid-19-di-jawa-bali/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×