Presiden Segera Kirim Daftar Nama Calon Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH ke DPR

Presiden Segera Kirim Daftar Nama Calon Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH ke DPR

Joko Widodo Presiden pada Senin (4/4/2022) pagi, menerima Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Badan Pelaksana dan Calon Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Periode 2022-2027, di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada pertemuan itu, Mardiasmo Ketua Panitia Seleksi melaporkan hasil kerjanya selama sebulan belakangan yang berhasil menjaring 14 calon anggota Badan Pelaksana dan 10 orang calon Dewan Pengawas BPKH periode lima tahun ke depan.

Selepas bertemu Jokowi yang didampingi Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, Mardiasmo menyatakan jika presiden telah mengapresiasi kinerja panitia dan menerima hasilnya.

“Presiden memberikan apresiasi kepada seluruh anggota pansel, yang telah bekerja kurang lebih satu bulan penuh dan menghasilkan 14 calon anggota Badan Pelaksana serta 10 orang calon anggota Dewan Pengawas BPKH periode 2022-2027,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/4/2022).

Ketua Panitia Seleksi juga menjelaskan, dalam proses seleksi, panitia mempertimbangkan saran dan masukan dari berbagai elemen masyarakat.

Selain itu, rekam jejak para calon yang diberikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) juga menjadi perhatian.

Selanjutnya, Kepala Negara akan menyampaikan nama-nama calon yang lulus seleksi kepada DPR RI.

Penyerahan nama calon akan disampaikan presiden dalam waktu dekat, sebelum masuk masa reses sidang DPR, 15 April 2022.

“Pak Presiden akan segera menyampaikan ke DPR. Waktu kami Rapat Dengar Pendapat, Komisi VIII meminta kalau bisa diserahkan sebelum masa reses,” ucap Mardiasmo.

Nantinya, para calon Dewan Pengawas BPKH akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), di Komisi VIII DPR RI.(rid/bil/ipg)

Berita Terbaru Terkait “Presiden Segera Kirim Daftar Nama Calon Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH ke DPR” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021