Program PTSL Sertifikat Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Biaya 600 Ribu

  • Bagikan
Program PTSL Sertifikat Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Biaya 600 Ribu

InfoMojokerto – Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang sudah dijalankan pemerintahan kabinet kerja sejak tahun 2017 sampai 2021 masih ada praktik pungli yang dilakukan oknum.Senin 12 April 2021 WIB.

Adapun, dana tersebut untuk seperti kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa.

Keputusan adanya beban biaya yang dibayarkan masyarakat tertuang dalam keputusan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017. Ketiga menteri tersebut adalah Menteri ATR, Menteri Dalam Negerti, dan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Seperti program Pemerintah (PTSL) sertifikat gratis masal dengan biaya 600.000,- ribu di Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Senin (12/4) Awak media konfirmasi Kepala Desa Kemiri Putut. mempertanyakan biaya PTSL kenapa sampai 600.000,- ribu.

Kades Putut menjawab,memang benar kalau biaya 600 ribu untuk pengurusan Sertifikat masal di Desa yang saya pimpin.dari pengajuan saya 5 ribu,yang di acc hanya seribu sekian.Vic yang mendaftarkan hanya 800 sekian.”kata kades Putut

Peraturan pemerintah yang sudah dikeluarkan oleh 3 menteri tercatat untuk biaya sertifikat masal mas,tapi kan tidak tertuang biaya nya.

saya sudah berkordinasi dengan pihak kejaksaan Negeri Mojokerto,tapi namnya saya lupa.inget nya orang nya masih muda dan ganteng.Kalau pak Joko saya kenal,karena sebelum saya jadi Kades saya saya sudah kenal.Tuturnya Kades.

Desa kemiri yang membawa empat Dusun telah terbentuk 52 tim masing-masing membentuk empat tim dibagi 5 tim setiap Dusun.

Saat di tanya soal panitia PTSL di temui oleh tim media Siswoto dikediamannya terkesan acuh saat di minta waktunya Siswanto menjawab,maaf saya repot.

Kades Putut Meminta Maafkan atas kejadian tersebut.nanti saya rapatkan mas.Tuturnya kepada awak media

Salah satu warga sebut saja handi diri mengeluhkan atas besarnya biaya 600 ribu sertifikat masal tersebut.

Sedangkan Peraturan Pemerintah di Jawa Timur tidak segitu, lalu kenapa Kepala Desa Kemiri Putut iurannya sebegitu besar.

Menurut Narasumber, Iurah tersebut apa sudah di ketahui oleh Bupati Mojokerto mengenai biaya begitu besarnya. Pungkasnya (red)

Cari Berita Terkait Program PTSL Sertifikat Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Biaya 600 Ribu
  • Bagikan

Respon (1)

  1. Apalah program PTSL masih ada dan bagaimana kalau untuk purnawirawan yg dapat pembagian dari tanah negara apakah saat masih bisa dan bagaimana syarat dan prosedurnya

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×