PT LIB Agendakan Liga 1 Bulan Juli, Berpeluang Dihadiri Penonton

PT LIB Agendakan Liga 1 Bulan Juli, Berpeluang Dihadiri Penonton

Helatan sepak bola Tanah Air, yakni Liga 1 direncanakan memasuki musim baru 2022-2023 pada Bulan Juli mendatang.

Untuk itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mempersiapkan helatan tersebut melalui diskusi dan koordinasi dengan Pemerintah, selaku otoritas pemegang perizinan, keamanan, dan ketertiban masyarakat, serta terkait kebijakan pandemi Covid-19.

Ahmad Hadian Lukita Direktur Utama PT LIB pada Radio Suara Surabaya, Rabu (6/4/2022) mengatakan, terdapat beberapa skenario terkait kehadiran penonton dalam pertandingan. Jika kondisi pandemi membaik, maka LIB akan melaksanakan pertandingan secara home away di mana penonton bisa hadir.

“Opsi kedua home away tanpa penonton. Tapi jika pandemi memburuk, terpaksa kita balik ke buble sistem seperti helatan musim sebelumnya. Harapan kita semua sih bisa dijalankan dengan penonton di stadion,” ujarnya.

Jika skenario penonton boleh hadir, PT LIB hanya mengizinkan penonton yang sudah vaksin untuk masuk ke dalam stadion. Hal ini, karena vaksinasi dinilai mampu menekan penyebaran Covid-19 di dalam stadion.

“Kalau sistem home away, yang menyelenggarakan kan klub lokal. Jadi nanti kita tetap arahkan untuk penerapan protokol kesehatannya dari panitia penyelenggaranya,” tambahnya.

Terkait jumlah kapasitas penonton berdasarkan level PPKM masing-masing daerah, PT LIB berharap bisa 100 persen. Meski demikian pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah terkait skenario terbaik.

Untuk jumlah peserta Liga 1 nanti akan tetap diisi 18 klub seperti musim sebelumnya, sedangkan untuk Liga 2 akan bertambah dari 24 menjadi 28 klub.

Sejauh ini PT LIB sudah menyiapkan proposal yang akan diajukan kepada Pemerintah khususnya Kemenpora.

“Nanti Kemenpora akan memanggil kementerian terkait bahkan kepolisian untuk rekomendasi yang nantinya bisa diberikan,” tuturnya.

Untuk pemilihan bulan Juli sebagai waktu pelaksanaan Liga 1 musim yang baru, Ahmad Mengaku hal tersebut untuk menghindari tabrakan jadwal dengan agenda internasional seperti piala AFF dan Piala Dunia U-20. (bil/ipg)

Berita Terbaru Terkait “PT LIB Agendakan Liga 1 Bulan Juli, Berpeluang Dihadiri Penonton” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021