PT PAL Eksposisi Publik Transformasi Industri Maritim 4.0

  • Bagikan
PT PAL Eksposisi Publik Transformasi Industri Maritim 4.0

Perkembangan industri 4.0 yang semakin matang di industri maritim dan pertahanan dipandang sebagai langkah strategis PT PAL Indonesia untuk memastikan competitive advantages.

PAL akan mengintegrasikan proses bisnis dari hulu ke hilir dalam satu platform berbasis IOT. Implementasi tersebut secara langsung bermanfaat untuk melakukan pengawasan kemajuan proyek secara realtime dan juga memungkinkan analisa untuk dasar pengambilan keputusan.

Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa “transformasi industri maritim 4.0 akan didukung Software Project Management dan Enterprise Resouce Planning yang didesain khusus untuk PAL tidak hanya untuk mengelola proyek di internal PAL tetapi juga untuk menjalankan peran sebagai multiyard leader”.

Eksposisi ini dipaparkan Kaharuddin secara virtual yang disiarkan langsung di kanal YouTube PT PAL Indonesia (Persero), Minggu (12/12/2021).

Integrasi sistem menghasilkan data yang nantinya akan termonitor secara real time dan bermuara menuju pusat data yang kemudian diolah dalam Big Data Analytics. Output data tersebut berbentuk Dashboard Monitoring System yang dapat diakses melalui device yang akan didistribusi di setiap unit kerja.

Selain itu, integrasi berbasis teknologi juga diterapkan PAL, di antaranya pemasangan sensor-sensor pada fasilitas produksi seperti mesin CNC, mesin bending, pemasangan kamera CCTV di lokasi-lokasi strategis untuk memonitor secara visual progress pekerjaan hingga penerapan NC Code / QR Code pada material dan peralatan di gudang serta seluruh blok kapal. Integrasi ini berfungsi untuk mengetahui posisi setiap material/peralatan pada tahapan produksi yang dimulai dari fase fabrikasi, sub-assembly, assembly hingga fase erection.

Potensi pasar dalam negeri sebesar 20.805 unit, terbagi dalam sektor perikanan, perhubungan dan alutsista. PAL melalui transformasi industri maritim 4.0, akan dapat menyerap peluang pasar sebesar-besarnya, tidak hanya dalam negeri namun hingga luar negeri. Kelengkapan fasilitas dan infrastruktur membuat PAL berhasil menyelesaikan beberapa project kapal yang menjadi kebanggan NKRI.

Dengan transformasi industri maritim 4.0 pengembangan dan revitalisasi infrastruktur serta fasilitas produksi semakin meningkat. Sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan kapasitas produksi.

Transformasi Industri Maritim 4.0 menjadikan PT PAL Indonesia (Persero) lebih siap dalam melaksanakan seluruh proyek yang diamanatkan. Perubahan ini merupakan lompatan kuantum sebagai Leading Sector dalam mendukung Kemandirian Alutsista matra laut nasional. Sehingga ke depan PT PAL Indonesia (Persero) mampu memperkuat posisi Indonesia dalam Driving Synergy to Global Maritime Access.

Dengan merubah semua secara digital, PAL akan terlahir kembali dengan wajah baru yang lebih modern sebagai lead integrator of Indonesian Multiyard 4.0. Berdiri di tonggak terdepan, menggetarkan industri perkapalan dunia.(dfn/tin)

Berita Terbaru Terkait “PT PAL Eksposisi Publik Transformasi Industri Maritim 4.0” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×