Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan Di Surabaya

  • Bagikan
Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan Di Surabaya
Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan Di Surabaya

Surabaya – Sebanyak 1.040 pemilih ganda ditemukan Bawaslu di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwali Surabaya. Temuan itu hasil penghitungan sementara yang dilaporkan Panwascam di setiap kecamatan.

“Total sementara ada 1.040 pemilih ganda,” terang Ketua Bawaslu Surabaya Muhammad Agil Akbar, Rabu (30/8/2020).

Menurut Agil, hasil sementara itu kemungkinan bisa bertambah lagi. Sebab saat ini belum semua kecamatan melaporkan temuannya tersebut.

“Ini kami masih proses. Karena semua kecamatan belum melaporkan. Tapi sementara ada sekitar 1.040 di setiap kecamatan ada,” jelasnya.

Atas temuan itu, lanjut Agil, pihaknya kini telah menginstruksikan Panwascam agar menyarankan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) agar memperbaiki atau menghapus pemilih ganda tersebut.

“Ketentuannya ini kan Panwascam menyarankan perbaikan kepada PPK untuk menghapus atau melakukan perbaikan terhadap data pemilih ganda tersebut,” tutur Agil.

“Contoh di TPS 21, Kelurahan Ngagel Rejo, Kecataman Wonokromo ini ada nama Alfia Nurita Sari. Nah, nama itu ada dua kali di TPS 21 itu. Kan, seharusnya cuma satu kali,” imbuhnya.

Agil sendiri belum bisa menyimpulkan adanya pemilih ganda ini. Namun atas temuan ini, pihaknya hanya menyarankan perbaikan dahulu agar tidak ada pelanggaran administrasi.

“Jadi untuk dari penyelenggara saran perbaikan dulu. Saran itu adalah upaya hasil pengawasan agar penyelenggara tidak melakukan pelanggaran administrasi,” pungkas Agil.

Sebelumnya, Bawaslu Surabaya  menemukan pemilih ganda di Pilwali Surabaya. Hasil temuan itu merupakan laporan dari Panwascam di setiap kecamatan di Kota Pahlawan.

“Iya benar. Kami banyak menemukan pemilih ganda di tiap kecamatan,” beber Ketua Bawaslu Surabaya M Agil Akbar kepada, Selasa(29/9/2020).

“Temuannya sejak hari ini. Hasil pengawasan dari Panwascam,” imbuh Agil.

Informasi “Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan Di Surabaya” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×