Sejumlah Taman di Surabaya Kembali Dibuka

  • Bagikan

Surabaya – Pemkot Surabaya telah menyusun rencana pembukaan akses taman di sejumlah lokasi pada hari Sabtu (10/4/2021). Untuk sementara, ada delapan taman yang dibuka dan mewakili lima wilayah Kota Surabaya.

Wilayah Surabaya Timur :
– Taman Flora.
– Taman Harmoni.
– Kebun Bibit Wonorejo.

Wilayah Surabaya Selatan :
– Taman Pelangi.

Wilayah Surabaya Pusat :
– Taman Prestasi.
– Taman Ekspresi.

Wilayah Surabaya Barat :
– Taman Cahaya.

Wilayah Surabaya Utara :
– Taman Sejarah.

Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin menyatakan bahwa dibukanya kembali delapan area taman itu memang seusai dengan arahan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

“Jadi ada taman yang mulai kami buka pada hari Sabtu (10/4/2021) besok,” ungkap Anna saat dikonfirmasi, Jumat (9/4/2021).

Anna mengungkapkan, pihak pemkot melalui DKRTH telah mempersiapkan teknis pembukaan delapan area taman tersebut, termasuk melakukan simulasi dan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat. Sedangkan untuk alur masuk dan keluar pengunjung nantinya akan menerapkan sistem one way atau satu jalur. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadi kerumunan pengunjung.

“Kami juga terlebih dulu melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan sebelum dan sesudah jam operasional taman. Kemudian jamnya juga kami batasi, mulai jam 06.00 pagi sampai jam 11.00 siang dulu, setiap hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, evaluasi secara berkala akan dilaksanakan Pemkot guna melihat perkembangan pembukaan taman dengan penerapan protokol kesehatan. Bila hasil evaluasi menunjukkan progres positif, maka pihaknya tak segan akan memperpanjang jam operasional taman.

“Jadi kita mulai dulu di awal ini. Kemudian kami akan evaluasi, misalnya dua minggu safe kita akan perpanjang. Taman ini sangat dinantikan (warga Surabaya),” kata Anna.

Selain itu, simulasi pun telah dijalankan untuk menjamin keamanan pengunjung taman di masa pandemi COVID-19 ini. Anna juga mengatakan saat area taman itu sudah dibuka, warga diimbau membantu pemerintah daerah setempat untuk menekan angka penyebaran virus COVID-19, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Karena petugas kami sangat sedikit di dalam taman. Sehingga harapan kami dengan bukanya taman ini sama-sama saling menjaga (protokol kesehatan) dan (taman) bisa buka terus,” kata Anna, Kamis (8/4/2021).

Kendati demikian, dirinya juga memastikan kepada para pedagang yang biasa berjualan di area taman juga diizinkan untuk melakukan aktifitasnya, namun juga dibatasi oleh Prokes. Pemkot Surabaya sendiri akan menerapkan sejumlah aturan dalam area taman yang harus dipatuhi oleh masyarakat, diantaranya penerapan sistem one way atau satu arah, pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan pembatasan jumlah kedatangan sebanyak 50 persen dari kapasitas semula.

“Tetap kami hitung (pengunjung), ada petugasnya. Semuanya sesuai dengan protokol kesehatan. Jam operasional taman sudah ditetapkan, yaitu dimulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB,” pungkas Anna.

Informasi ” Sejumlah Taman di Surabaya Kembali Dibuka
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/04/09/sejumlah-taman-di-surabaya-kembali-dibuka/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×