Selain Petugas Pelayanan Publik dan Lansia, Vaksinasi Covid-19 Tahap II juga Diberikan Kepada Pedagang Pasar

  • Bagikan

Maxi Rein Rondonuwu Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengatakan, vaksinasi tahap II akan dimulai kepada pedagang pasar.

Menurut dokter Maxi, sebagai pilot projectnya, vaksinasi tahap II ini akan diberikan kepada pedagang Tanah Abang di DKI Jakarta pada hari Rabu mendatang.

“Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar. Yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu pasar Tanah Abang pada hari Rabu 17 Februari 2021,” ujar Maxi dalam media briefing secara daring, Senin (15/2/2021).

Dalam tahap ini, kata dia, vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama enam hari dengan menargetkan sekitar 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang. Maxi berharap, vaksinasi ini akan berlanjut ke pedagang pasar di seluruh Indonesia.

“Dan kami harapkan ini akan bergulir untuk seluruh pedagang-pedagang pasar yang ada yang ada di DKI dan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Kata Maxi, melihat besarnya target vaksinasi tahap kedua ini maka pemerintah akan melakukan vaksinasi secara bertahap, dimulai di tujuh provinsi Jawa dan Bali yang merupakan zona merah.

“Kita mulai di tujuh provinsi di Jawa dan Bali yang juga merupakan zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia. Kita tahu bersama 70 persen kasus Covid-19 terjadi di Jawa Bali, sehingga mendapatkan prioritas yang pertama,” jelasnya.

Selain jumlah kasus yang tinggi, menurut dia, ke tujuh provinsi ini juga merupakan daerah banyak pemukiman padat sehingga laju penularan sangat tinggi. Sisa 30% lainnya akan dibagikan ke provinsi lain.

Maxi meminta agar pemerintah daerah sesegera mungkin menghabiskan vaksin untuk tahap satu bagi nakes yang sudah didistribusikan sebelum Kemenkes mengirimkan pasokan vaksin berikutnya mengingat vaksin ini ada batas kadaluwarsa nya yaitu enam bulan.(faz/lim)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/selain-petugas-pelayanan-publik-dan-lansia-vaksinasi-covid-19-tahap-ii-juga-diberikan-kepada-pedagang-pasar/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×