Seluruh Penumpang Berhasil Menyelamatkan Diri Saat Bus Terbakar Habis di Tol Pandaan

Seluruh Penumpang Berhasil Menyelamatkan Diri Saat Bus Terbakar Habis di Tol Pandaan

Sebanyak 44 penumpang bus pariwisata PO Al-Mubarok berhasil menyelamatkan diri dari kebakaran bus yang terjadi di KM 60+800 Tol Pandaan arah Malang, Minggu (6/3/2022).

Akibat kebakaran itu, seluruh badan bus hangus dan cuma menyisakan kerangka.

Menurut Iptu Sudirman Panit PJR Jatim 4 kepada Radio Suara Surabaya Minggu pagi, kronologi bermula saat bus berisi penumpang yang semuanya perempuan itu pulang dari Yogyakarta, Minggu dini hari.

Seluruh Penumpang Berhasil Menyelamatkan Diri Saat Bus Terbakar Habis di Tol Pandaan
Kebakaran bus pariwisata PO Al-Mubarok yang berlangsung sangat cepat di KM 60+800 Tol Pandaan arah Malang pada Minggu (6/3/2022). Foto: Shif via @e100ss

Sekitar pukul 05.00 WIB, bus berhenti di rest area sekitar dua jam. Sebelum melanjutkan perjalanan, sopir bus bilang sudah melakukan pemeriksaan, dan kondisi bus baik-baik saja.

Namun, saat bus melaju di tol Pandaan arah Malang, seorang penumpang yang duduk di bagian belakang melihat ada api dari mesin bus produksi tahun 2018 itu.

“Bus keluar ke arah Malang untuk pulang. Tiba-tiba api datang dari mesin belakang. Yang tahu penumpang paling belakang. Kalau katanya sopir saat di rest area sudah diperiksa, kata driver nggak ada masalah,” imbuh Iptu Sudirman.

Seluruh Penumpang Berhasil Menyelamatkan Diri Saat Bus Terbakar Habis di Tol Pandaan
Kebakaran bus pariwisata PO Al-Mubarok yang berlangsung sangat cepat di KM 60+800 Tol Pandaan arah Malang pada Minggu (6/3/2022). Foto: @ridhanestya via @e100ss

Mengetahui ada yang tidak beres, sopir langsung menepikan bus di tol, dan semua penumpang langsung keluar menyelamatkan diri.

Dalam hitungan detik, api langsung merembet dan menghanguskan seluruh badan bus. Penumpang cuma bisa menyelamatkan barang bawaan di dalam bus tanpa sempat membawa barang di dalam bagasi.

Dalam sekejap, asap tebal dari kebakaran membumbung tinggi dan sempat membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi tersendat.

“Api cepat sekali, kalau sampai habis begini nggak sampai berapa menit sudah menjalar semua. Barang yang dibawa ya cangklongan (tas bawaan) kalau di bagasi nggak sempat diambil,” ujar seorang penumpang bus.

Para penumpang kemudian diantar Mobil PJR keluar tol terdekat. Kemudian, mereka diangkut bus pengganti.

Insiden kebakaran itu tidak mengakibatkan korban meninggal dunia maupun luka-luka.(tin/rid)

Berita Terbaru Terkait “Seluruh Penumpang Berhasil Menyelamatkan Diri Saat Bus Terbakar Habis di Tol Pandaan” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya Repost By © infosurabaya 2021