Sersan Dua Aprilio Manganang Ingin Jadi Lelaki Sejati

  • Bagikan
Sersan Dua Aprilio Manganang Ingin Jadi Lelaki Sejati

Sersan Dua TNI Aprilia Santini Manganang resmi berganti kelamin dari perempuan menjadi laki-laki. Selain itu, namanya sekarang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Pergantian status kelamin dan nama itu ditetapkan Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, dalam sidang yang berlangsung pagi sampai siang hari ini, Jumat (19/3/2021).

Sesudah Hakim Nova Loura Sabuse Kepala PN Tondano membacakan amar putusan, Aprilio mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, serta seluruh pihak yang membantu mewujudkan keinginannya.

Ucapan terima kasih secara khusus dia alamatkan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) beserta istri, tim dokter, serta pihak-pihak yang mendukungnya secara moril.

Sambil menangis haru, Aprilio menyampaikan keinginan untuk belajar menjadi lelaki sejati yang bertanggung jawab, dan berharap bisa meneruskan kariernya di TNI AD.

“Terima kasih. Saya sangat bersyukur berkat dukungan atasan semuanya saya bisa lewati, dan mungkin ini momen terindah buat saya. Saya ingin awali hidup saya dengan baru. Saya harus belajar, karena mungkin ini transisi buat saya. Saya ingin menjadi lelaki sejati dan bisa bertanggung jawab,” ujarnya di Mabes TNI AD, Jakarta.

Sekadar informasi, Aprilio Manganang sempat membela Timnas Voli Putri Indonesia, dan tampil di sejumlah turnamen Asian Games 2018.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis antara lain kadar hormon testoteron, urologi, dan pencitraan resonansi magnetik yang dilakukan pada 3 Februari 2021, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Aprilia Manganang ternyata seorang laki-laki.

Prajurit TNI kelahiran 27 April 1992 itu divonis mengalami hipospadia, yaitu kelainan pada sistem reproduksi seseorang yang kasusnya termasuk langka.

Karena sudah ada hasil yang menyatakan statusnya laki-laki, Aprilio harus menjalani dua kali operasi bedah korektif untuk memperbaiki kelainannya.

Jenderal TNI Andika Perkasa KSAD memastikan anak buahnya itu bukan transgender.

Nantinya, kata KSAD, Aprilio akan diberi beberapa pilihan tugas baru sesudah tuntas menjalani operasi perbaikan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Antara lain, bertugas di bagian perbekalan dan angkutan, atau di divisi kesehatan.(rid/tin)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/sersan-dua-aprilio-manganang-ingin-jadi-lelaki-sejati/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×