Close
Swipe Up to Read Content

Standart Kecantikan Wanita Indonesia dan Perempuan Korea

Standart Kecantikan Wanita Indonesia dan Perempuan Korea maupun menurut Islam

Standart Kecantikan Wanita Indonesia dan Perempuan Korea maupun menurut Islam
Standart Kecantikan Wanita Indonesia dan Perempuan Korea maupun menurut Islam

Infosurabaya : Berparas cantik merupakan idaman bagi semua wanita namun di berbagai tempat yang berbeda pasti memiliki standart cantik, berikut ini kami ulas sedikit informasi Standart Kecantikan Wanita Indonesia dan Perempuan Korea maupun menurut Islam

Siapa dewi kecantikan di mitologi yunani? Benar Aphrodite Jawabannya, Sekilas cerita dewi Aphrodite, Aphrodite adalah dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Yunani. Sosoknya yang sangat cantik dengan pesona luar biasa disebut-sebut dapat memikat manusia hingga para dewa.

Karena itu pula, ia diceritakan memiliki banyak kekasih dan melahirkan banyak anak dari mereka. Petualangan Aphrodite dan keturunannya adalah subjek populer dalam seni Yunani dan Romawi.

Sosoknya yang sangat cantik dengan pesona luar biasa disebut-sebut dapat memikat manusia hingga para dewa. Karena itu pula, ia diceritakan memiliki banyak kekasih dan melahirkan banyak anak dari mereka.

Aphrodite Dewi Kecantikan Mitologi Yunani

Di sisi lain, Aphrodite juga dipuja karena dianggap sebagai representasi kesatuan dan kerukunan, yang pada zaman dulu berperan dalam perdagangan, peperangan, dan urusan politik Yunani Kuno.

Terdapat banyak versi cerita terkait asal-usul atau kelahiran Aphrodite. Dua versi cerita yang populer di masyarakat adalah dari Homeros dalam Iliad dan Theogonia karya Hesiodos. Homeros dalam Iliad menyebut bahwa Aphrodite adalah putri dari Zeus dan peri laut bernama Dione.

Sedangkan dalam Theogonia karya Hesiodos, Aphrodite disebut lahir dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh anaknya, Titan Kronos, dan dilemparkan ke laut. Lemparan itu mengeluarkan buih laut dan dari buih-buih itulah Aphrodite muncul.

Dalam bahasa Yunani, Aphrodite berasal dari kata aphros yang artinya buih dan dite yang berarti naik atau dikeluarkan. Tempat kelahiran Aphrodite dipercaya berada di perairan dekat Siprus sekarang.

Kisah cinta Dewi Aphrodite

Konon, di tangan Aphrodite-lah terletak nasib asmara manusia. Para penyair sering menggambarkan bahwa tanpa kehadirannya, tidak akan ada kebahagiaan dan cinta.

Di sisi lain, sebagai dewi cinta yang sangat cantik dengan pesona luar biasa yang dapat memikat manusia hingga para dewa, Aphrodite terlibat banyak kisah cinta terlarang. Dari beberapa kekasihnya, Aphrodite diceritakan memiliki beberapa putra, di antaranya:

  • Eros, dewa cinta (dengan Ares)
  • Harmonia (dengan Ares)
  • Aeneas (dengan Anchises)
  • Eryx raja Sisilia (dengan Butes the Argonaut)
  • Priapus (dengan Dionysos atau Adonis)

Sekilas cerita di atas menggambarkan tentang mahluk mitologi yunani Aphrodite yang memiliki gelar dewi cinta dan kecantikan. Lantas bagaimana dengsan standart kecantikan wanita Indonesia di mata para pria?

Standart Kecantikan Wanita Indonesia

Mencari satu standar kecantikan bagi perempuan Indonesia merupakan hal yang mustahil, mengingat ada ribuan suku bangsa di nusantara yang menghasilkan warna kulit, jenis rambut, hingga fitur wajah yang sangat beragam.

Semakin maraknya gerakan untuk mencintai diri, embrace yourself, pelan-pelan memang menggeser standar cantik yang usang, seperti kulit putih, hidung mancung, dan langsing. “Kecantikan perempuan Indonesia itu unik, sangat berbeda-beda, dan tidak ada satu standar,”

Perempuan Jawa tentu memiliki kecantikan yang berbeda dengan perempuan dari Lombok, Minang, atau pun Papua. Namun, masing-masing memiliki karakter kecantikan sendiri.

Standar Cantik Indonesia

standar cantik perempuan Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya negara lain, mulai dari era kolonial, hingga sekarang ini Korea Selatan. “Hasilnya, banyak perempuan Indonesia, terutama yang muda-muda, ingin terlihat seperti bintang-bintang Korea, yaitu kulit super putih, muka tirus, dan hidung mancung,”.

Padahal, menurutnya belum tentu jika dagu kita dibuat lebih tirus, atau bibir ditambah tebal, akan cocok dengan fitur wajah kita. “Karena terlalu mengidolakan artis-artis dari luar negeri, yang awalnya mengagumi bisa jadi insecure, bahkan obsesi, ingin sama seperti idolanya,”

Standar Kecantikan Perempuan Indonesia

Kecantikan Indonesia Jika kita menelusuri wajah artis atau penyanyi Indonesia, akan muncul sederet wajah cantik yang disebut “sangat Indonesia”. Sebut saja aktris Maudy Ayunda, Tara Basro, Dian Sastro, hingga Prisia Nasution.

Meski memiliki paras yang rupawan, tetapi para bintang tersebut memiliki kecantikan yang berbeda, jika ditarik benang merah, secara umum ada beberapa ciri kecantikan perempuan Indonesia, yakni:

  1. Kulit bersih, sehat, dengan warna medium tone. “Kulit orang Indonesia punya kelebihan tahan terhadap matahari, enggak gampang freckles jadi bersih,”
  2. Bentuk alis sesuai kepribadian
  3. Bentuk wawjah oval/hati dengan proporsi yang cukup. Bentuk wajah oval melambangkan feminine.
  4. Hidung dan bibir proporsinya disesuaikan luas wajah. Satu dan lain tidak ada yang lebih menonjol.
  5. Mata cerah, terbuka, tanpa dark circle atau kantung mata.
  6. Smooth contour atau kurva yang indah dari berbagai sudut.
  7. Triangle of youth dengan bentuk wajah seperti segitiga terbalik atau pipi lebih tinggi dari rahang. “Apa pun suku bangsanya, mereka yang punya ciri ini akan terlihat cantik dan menarik.

Berbeda dengan korea yang memiliki karakter dan penilaian tersendiri, perempuan Korea rela melakukan berbagai hal untuk menunjang penampilan mereka, termasuk melakukan tindakan operasi plastik sekalipun. Itulah mengapa di Korea Selatan banyak terdapat klinik kecantikan yang menawarkan jasa operasi plastik karena memang banyak peminatnya.

Standart Kecantikan Korea

Kalian pasti tau Artis K-Pop  yang kerap dituntut untuk memenuhi standar kecantikan di Korea Selatan. Tuntutan itu biasanya datang dari agensi maupun publik atau K-netz (sebutan untuk netizen Korea), bahkan fans mereka sendiri.

Tidak jarang para artis K-Pop melakukan diet ekstrem dan operasi plastik demi memenuhi standar kecantikan tersebut. Bahkan setelah melakukan berbagai usaha mempercantik diri, masih ada saja K-netz yang mengritik penampilan mereka.

Namun tidak semua artis K-Pop mau menuruti standar kecantikan di Korea. Mereka memilih tampil dengan versi cantiknya masing-masing dan tetap berhasil merebut hati penggemar. Berikut ini standart wanita cantik korea.

Wajah Tirus

Standar kecantikan Korea yang pertama adalah memiliki wajah yang tirus atau berbentuk V-line. Jadi, ketika perempuan Korea memiliki wajah yang lebar atau berbentuk persegi, mereka rela untuk melakukan operasi plastik dengan memotong rahang demi mendapatkan bentuk wajah yang diidam-idamkan. Bahkan artis Indonesia lucinta luna operasi plastic di korea

Selain memiliki wajah yang tirus, para perempuan di negeri gingseng ini juga lebih mengelu-elukan wajah yang kecil dan mungil. Bahkan, para siswa di Korea menghitung besar kepalanya sendiri untuk mengetahui apakah ukurannya dengan tubuhnya tampak proporsional. Pasalnya, memiliki wajah tirus, kecil, dan mungil dipercaya mampu menunjang penampilan mereka.

Kulit Putih Pucat

Sudah tidak heran jika hampir semua perempuan di Korea memiliki kulit putih pucat. Pasalnya, banyak orang Korea menganggap jika semakin putih dan pucat kulit seseorang, dinilai semakin menarik. Kemudian, kulit bagi perempuan Korea juga menunjukkan status sosial seseorang.

Perempuan Korea yang memiliki kulit putih dan pucat dianggap memiliki status sosial yang lebih tinggi. Pasalnya, mereka dinilai cenderung menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Hal ini bisa dilihat di drama ataupun idol Korea yang hampir semuanya memiliki kulit putih pucat nan bersih.

Tubuh Ideal

Bagi orang Korea, bentuk tubuh ideal adalah S-Line dan juga X-Line. Dalam bentuk tubuh X-Line, X adalah bagian pinggang yang ramping. Semantara tubuh ideal S-Line adalah bagian payudara dan bokong besar dan berisi, namun pada bagian pinggang kecil. Hal ini bisa dilihat dari idol maupun selebriti perempuan Korea yang seringkali rela menjalani diet ekstrem demi memiliki tubuh ideal.

Hidung Kecil Tapi Lancip

Selain operasi bentuk muka v-line, operasi lainnya yang banyak dilakukan oleh perempuan Korea adalah rhinoplasty, yaitu operasi rekonstruksi hidung. Biasanya bagian hidung yang akan direkonstruksi adalah tulang hidung. Jika kebanyakan orang Asia memiliki tulang hidung yang datar, jika dilakukan rhinoplasty, maka tulang hidung tersebut dibuat lebih tinggi sehingga hidung lebih mancung.

Kelopak Mata Ganda

Standar kecantikan Korea selanjutnya yaitu memiliki kelopak mata ganda yang memberikan efek mata yang besar. Selain itu, lipatan pada mata juga memberikan kesan hidup pada mata. Meskipun kebanyakan dari perempuan Korea memiliki mata yang kecil.

Oleh karena itu, tidak jarang jika perempuan korea termasuk selebriti atau idol melakukan operasi lipatan mata agar tampak lebih besar. Namun, masih ada juga selebritidan idol Korea yang masih mempertahankan bentuk mata aslinya dan membuat mereka menjadi lebih berkarakter.

Kaki Jenjang

Memiliki kaki lurus dan jenjang menjadi idaman bagi para perempuan di Korea. Pasalnya, salah satu penentu kecantikan seseorang dilihat dari tinggi badannya. Untuk mencapai penampilan yang ideal, perempuan Korea harus memiliki tinggi tujuh kali dari tinggi badannya.

Kulit Wajah Mulus dan Bersinar

Perempuan Korea yang memiliki kulit wajah mulus dan bersinar atau glowing. Meskipun mereka menggunakan make up yang minimalis, tetapi kulit wajahnya tetap mengkilap dan bersih. Pasalnya, perempuan Korea menggunakan 7 Skin Method dan 10 Step Korean Skincare dalam merawat kulit wajahnya.

Metode ini merupakan salah satu perawatan wajah ala Korea yang menerapkan toner atau essence ke kulit wajah sebanyak tujuh kali agar kulit wajah terhidrasi dan lebih bersinar.

Kantung Mata

Memiliki kantung mata atau aegyo-sal juga merupakan standar kecantikan Korea. Jika kebanyakan menganggap kantung mata sebaiknya dihilangkan, namun berbeda dengan perempuan Korea. Mereka menganggap kantung mata adalah senyuman mata sehingga mampu membuat penampilan lebih menggemaskan dan menawan.

Standart Kecantikan menurut islam

Islam mempunyai standar dengan sangat indah, sederhana serta tidak berorientasi pada fisik. Fisik atau tubuh kita adalah pemberian Allah SWT. Allah tidak akan bertanya, mengapa kulit kita hitam legam. Artinya, fisik tidak akan dihisab dan bukan penentu kita mau masuk surga atau neraka.

Muslimah cerdas tidak akan pernah memusingkan masalah yang tidak dihisab. Jadi santai saja. Muslimah yang cerdas hanya fokus pada perkara-perkara yang berupa pilihan. Karena itulah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuh-tubuh kalian, tidak pula pada rupa kalian. Akan tetapi, Dia melihat kepada hati-hati kalian dan amalan kalian.” (HR. Al-Bukhari)

Agar kita tidak teracuni paham rusak ini, maka kita butuh mengkaji Islam, menginstal pemahaman yang benar sehingga mampu menjadikan standar kebahagiaan hanya ridha Allah saja. Namun tidak cukup dengan mengkaji Islam jika masyarakatnya masih menganut paham kapitalisme, sehingga akan mudah terbawa arus.

Maka, kita juga harus mengajak masyarakat berubah menjadi masyarakat islami dengan cara berdakwah. Tidak cukup sampai di sini, ternyata negara juga berperan penting untuk membentuk masyarakat islami.

Apa hukum wanita mempercantik diri dalam Islam?

Berhias dalam ajaran Islam bukanlah sesuatu hal yang dilarang. Malah, Islam mengajarkan cara berhias yang baik tanpa harus merugikan atau merendahkan martabat wanita itu sendiri.

Ini didasarkan pada sebuah hadist riwayat Muslim, yang menjelaskan bahwa Allah itu indah dan mencintai keindahan. Oleh karena itu, diperbolehkan bagi umat muslim untuk mempercantik atau memperindah diri. Bahkan dianjurkan bagi umat muslim untuk selalu menjaga keindahan agar dicintai oleh Allah.

Alasan kedua, mempercantik diri dalam Islam adalah sebuah ibadah. Mempercantik diri juga berarti menjaga tubuh tetap bersih, merawat tubuh agar selalu sehat, serta memperhatikan kerapian sehingga memberikan tampilan yang indah dan nyaman dilihat. Dengan begitu, mempercantik diri juga termasuk sebagai ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan ridho kebaikan dari Allah.

Cara Mempercantik Diri Menurut Islam

Setelah mengetahui hukum mempercantik diri dalam Islam, berikutnya akan dijelaskan bagaimana cara mempercantik diri menurut Islam. Dalam hal ini, Islam memang memperbolehkan bahkan menganjurkan umatnya untuk memperhatikan kebersihan, keindahan, dan kecantikan. Meskipun begitu, terdapat batas-batas yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa cara mempercantik diri menurut Islam dan batasannya, perlu Anda ketahui:

  • Memperhatikan kandungan produk perawatan kulit dan kecantikan. Dalam hal ini, dianjurkan untuk menggunakan produk yang aman dan berasal dari bahan atau kandungan yang baik. Sebaliknya, hindari produk perawatan kulit atau kecantikan yang menggunakan bahan kandungan haram, seperti kandungan minyak atau daging babi, dan yang lainnya.
  • Hindari merubah bentuk asli fisik. Perawatan kecantikan memang diperbolehkan, namun dilarang untuk merubah bentuk asli dari fisik yang telah diberikan oleh Allah. Dalam hal ini, dilarang menyuntik bahan pemutih, mencukur alis, memancungkan hidung, menyambung rambut, mengubah bentuk dagu agar lebih lancip, hingga menyuntik bahan pembesar untuk bagian-bagian tertentu dalam tubuh, seperti payudara atau bokong.
  • Hindari mendapatkan produk perawatan kulit dari cara yang haram. Misalnya, Anda mendapatkan uang dari hasil mencuri atau berdagang dengan praktik riba, untuk membeli kebutuhan sehari-hari, termasuk produk kecantikan.
  • Hindari mempercantik diri secara berlebihan. Agama Islam mengajarkan untuk bersikap secukupnya, berada di tengah-tengah, tidak kurang dan tidak berlebihan. Dalam penggunaan produk perawatan kulit dan kecantikan, gunakan sewajarnya, ikuti sesuai anjuran agar tetap memberikan jaminan aman dan sehat. Jika digunakan berlebihan dan asal, tidak mengikuti aturan, dikhawatirkan dapat memberikan efek buruk pada kesehatan.
  • Mempercantik diri tidak untuk pamer atau sombong. Artinya, mempercantik diri perlu didasarkan pada niat ibadah untuk mendapat kebaikan dari Allah. Tidak untuk bersikap pamer dan sombong pada orang lain, dari apa yang dikenakan, apa yang digunakan, dan sebagainya.

Cara Mempercantik Hati

Setelah mengetahui cara mempercantik diri menurut Islam, terakhir dijelaskan bahwa dalam Islam, mempercantik diri bukan hanya dari segi fisik, tetapi juga hati atau kalbu. Dalam hal ini, disebutkan bahwa terdapat beberapa cara mempercantik diri menurut Islam yang tidak hanya berguna untuk kebaikan fisik, tetapi juga hati dan keimanan.

Seperti, bibir yang cantik bisa didapatkan dengan selalu memperbanyak bacaan dzikir. Bacaan dzikir yang diamalkan dapat membuat seseorang penuh dengan energi positif sehingga dapat memberikan tampilan yang nyaman dan teduh. Bibir yang cantik juga bisa didapatkan dengan selalu menyebarkan salam dan bersifat ramah terhadap sesama.

Contoh lainnya, tubuh dengan berat badan yang ideal dan sehat, bisa didapatkan dengan mengamalkan ibadah puasa sunah. Ibadah puasa secara alami berguna untuk detoksifikasi tubuh, membuang racun-racun dalam tubuh, dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Selain itu, puasa juga dapat menambah pahala yang berguna kelak di kemudian hari.

Terakhir, mempercantik diri dari hati bisa didapatkan dengan selalu belajar untuk berakhlakul karimah, berkepribadian yang baik, berwawasan luas, percaya diri, serta berpikir positif.

Beberapa sifat ini dapat memberikan pancaran atau aura yang baik, sehingga akan terlihat cantik, bukan hanya dari luar, tetapi juga dari dalam atau pembawaan dirinya.

Kesimpulan

Menurut Mimin Standart Kecantikan di semua tempat itu berbeda karena satu alasan mutlak Allah itu indah dan mencintai keindahan. Oleh karena itu, diperbolehkan bagi umat muslim untuk mempercantik atau memperindah diri. Bahkan dianjurkan bagi umat muslim untuk selalu menjaga keindahan agar dicintai oleh Allah.

👆🏽PROMO GRATIS👆🏽
👆🏽PROMO GRATIS👆🏽

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *