Survei BPS Ungkap Pengangguran Usia Muda Meningkat 1,72% Selama Pandemi

  • Bagikan
Survei BPS Ungkap Pengangguran Usia Muda Meningkat 1,72% Selama Pandemi
Survei BPS Ungkap Pengangguran Usia Muda Meningkat 1,72% Selama Pandemi
The Future Job Fair Workshop

infoSURABAYA.com – Plan Indonesia menyelenggarakan ‘Bridges to the Future Online Job Fair & Workshop’ untuk menciptakan akses lapangan kerja bagi kaum muda.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari, pada 27-28 September 2021 itu, meliputi kegiatan webinar dan kesempatan job matching yang melibatkan 3.000 pencari kerja dan 60 perusahaan.

Sebagai tambahan, acara ini juga menandai terbentuknya kerjasama baru antara Plan Indonesia dengan Kemdikbudristek RI, khususnya di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Kedua lembaga sepakat untuk mendukung terwujudnya pengembangan kapasitas, juga dukungan ketenagakerjaan bagi lulusan sekolah kejuruan atau pendidikan lanjutan.

Acara yang digelar secara daring ini merupakan intervensi yang dilakukan Plan Indonesia dalam mendukung pemenuhan Sustainable Development Goal (SDG) PBB ke 8 tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi dan SDG ke 10 tentang pengurangan ketimpangan.

Berdasar Survei Angkatan Kerja Nasional oleh Badan Pusat Statistik, pada Februari 2021, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk kaum muda usia 15-24 tahun meningkat 1,72 persen.

Survei yang sama menunjukkan bahwa dari 100 orang kaum muda di angkatan kerja, 18 orang menganggur. Dengan jumlah angkatan muda yang sekarang menjadi 21,2 juta. Dan mungkin ada 3,82 juta pengangguran dalam rentang usia tersebut.

Marija Ralic, Google.org Lead, Google APAC, mengatakan bahwa Google.org mendukung penuh uoaya Plan Indonesia untuk memberdayakan kaum muda, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Marija mengingatkan, teknologi telah menjadi urat nadi untuk membantu masyarakat Indonesia menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19. Karena itu, Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui beberapa cara, seperti mengembangkan talenta digital, membantu orang mempelajari ketrampilan baru, mencari pekerjaan, dan memajukan karier mereka.

Kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan atau memulai bisnis dapat membuka jalan untuk masa depan yang lebih cerah. Karena itu, Google.org sangat bangga dapat mendukung Plan Indonesia, ASEAN Foundation, dan pemerintah dengan dana hibah melalui Google.org.

Program tersebut untuk membuka peluang karir seluas-luasnya bagi kaum muda Indonesia, khususnya bagi perempuan muda dan penyandang disabilitas untuk mengakses pekerjaan dan memanfaatkan teknologi digital.

“Kami berharap dapat terus menciptakan peluang ekonomi bagi semua orang,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Yang Mee Eng, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, mengatakan organisasi tersebut berkomitmen untuk mendukung kegiatan ‘Bridges to the Future’.

“ASEAN Foundation berkomitmen mendukung pengembangan kaum muda di tengah masa yang sangat menantang ini. Kami percaya bahwa ‘Bridges to the Future Online Job Fair & Workshop’ ini akan menjadi penghubung yang sangat tepat dan pas dalam menyediakan akses peluang kerja yang sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja muda di Indonesia,” katanya.

Setelah Job Fair & Workshop Daring ‘Bridges to the Future’ yang digelar selama dua hari, Plan Indonesia dan semua mitra berusaha untuk terus memfasilitasi kaum muda untuk terhubung dengan penyedia lapangan kerja untuk terhubung dengan penyedia lapangan kerja.

Sesi wawancara langsung dijadwalkan hingga Selasa, 5 Oktober 2021. Simak informasi selengkapnya di Instagram @kitakerja.id. wid

Informasi ” Survei BPS Ungkap Pengangguran Usia Muda Meningkat 1,72% Selama Pandemi
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/09/survei-bps-ungkap-pengangguran-usia-muda-meningkat-172-selama-pandemi/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×