Tim SAR Perpanjang Tiga Hari Pencarian Korban TB Mitra Jaya XIX

  • Bagikan

Tim Gabungan SAR memutuskan perpanjangan operasi pencarian lima anak buah kapal (ABK) TB Mitra Jaya XIX pascatabrakan di Karang Jamuang selama tiga hari ke depan.

ABK kapal itu antara lain Fakhtur (48 tahun), Himawan (27 tahun), Arif Maulana (47 tahun), Ulil Amri (57 tahun), dan Budiantoro (50 tahun). Tim SAR sudah mencari mereka selama tujuh hari pascainsiden.

TB Mitra Jaya XIX yang sedang menarik kapal tongkang BG Makmur Abadi 5 bermuatan minyak kelapa sawit mengalami kecelakaan dengan kapal lain Sabtu (23/1/2021) lalu.

Kapal itu bertabrakan dengan kapal kargo KM Tanto Bersinar yang baru berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak di area Buoy 3 Karang Jamuang, Alur Pelayaran Barat Surabaya, kawasan perairan Gresik.

Keputusan perpanjangan masa pencarian korban TB Mitra Jaya XIX ini setelah seluruh tim gabungan pencarian melakukan evaluasi dan koordinasi Jumat (29/1/2021) kemarin. Mereka putuskan perpanjangan tiga hari.

Tiga hari ke depan Tim SAR Gabungan akan menarik bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX yang tenggelam dengan tali kawat (wire rope) oleh tiga Tug Boat milik Pelindo III menuju perairan dangkal.

Bangkai kapal lantas dibalik sehingga penyelam dari Kantor SAR Surabaya dapat melakukan penyisiran ke seluruh bagian kapal TB Mitra Jaya XIX.

“Kemarin kami sudah melakukan pencarian di bangkai kapal tapi penyelam tidak bisa sampai masuk ke bagian dalam kapal,” kata I Wayan Suyatna Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, Sabtu (30/1/2021).

Tim SAR berharap, kata Suyatna, dengan pembalikan bangkai kapal sesuai rencana Tim Gabungan, pencarian korban bisa lebih mudah dan penyelam bisa menjangkau bagian dalam kapal itu.

Sebelumnya Tim SAR Gabungan sudah berupaya melakukan pencarian melibatkan KN SAR Antasena di perairan Karang Jamuang. Tim penyelam juga sudah menyisir area sekitar bangkai kapal.

Para petugas pencarian itu menduga, korban masih terjebak di dalam kapal. Perpanjangan tiga hari ini diharapkan mampu memberikan hasil baik, menemukan lima ABK yang sampai saat ini dinyatakan hilang.(den/dfn/ipg)

Informasi Ini Sudah Tayang di : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/tim-sar-perpanjang-tiga-hari-pencarian-korban-tb-mitra-jaya-xix/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×