Tukar Recehan 700 Ribu Dapat 3 Juta, Ditangkap Polisi

  • Bagikan

Surabaya – Muhammad alias Mamat Bin Ali, warga Jl.Kalilom Lor, Surabaya digelang ke Polsek Wonokromo. Pria 39 tahun ini berurusan dengan polisi setelah menukar uang koin di Brawijaya Mart. Kuli bangunan tersebut menukar uang recehan berjumlah  Rp 768.800 dengan Rp 3 juta.

Kapolsek Wonokromo Komisaris Polisi (Kompol) Rini Pamungkas menjelaskan Mamat saat melakukan penukaran ditemani seoarang, Nanang.  Mereka membawa uang recehan untuk ditukarkan dengan di  Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU).

“Awalnya terduga berniat menukarkan uang pecahan koin sejumlah Rp 768.800 uang receh tersebut hendak ditukar dengan pecahan uang kertas,” jelasnya, Rabu (10/2/2021).

Saat keduanya sampai di Brawijaya Mart, tersangka Mamat menghampiri kasir. Menawarjan uang recehan untuk ditukarkan. Mulanya mereka menyebut Rp 3.850.000 dan menyuruh kasir untuk menghitungnya.

Saat kasir belum selesai menghitung pelaku meyakinkan jumlah uang receh tersebut benar. Kasir lantas percaya dan menyerahkan uang kertas Rp 3.850.000. “Lalu pelaku langsung kabur dengan temannya yang bernama nanang,” bebernya.

Kasir menyadari telah ditipu setelah uang koin itu selesai dihitung.  Jumlahnya tak sesuai. Atas kejadian ini korban melapor ke Polsek Wonorkomo. Selanjutnya dilakukan analisa dari rekaman kamera CCTV.   “Kami berhasil menangkap pelaku Mamat, sedangkan Nanang masih dalam pengejaran,” Kata Rini.

Polisi  turut menyita barang bukti rekaman CCTV, sepeda motor Yamaha Nmax, uang tunai Rp 300 ribu, dan pecahan uang koin Rp 768.800, selembar kertas nota, dan kartu id card an.

Pelaku  terancam dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Informasi “Tukar Recehan 700 Ribu Dapat 3 Juta, Ditangkap Polisi” Telah Tayang di infosurabaya.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×