Vaksinasi Drive Thru Ubaya Sempat Diwarnai Pengantre yang Membludak Tanpa Jaga Jarak

  • Bagikan
Vaksinasi Drive Thru Ubaya Sempat Diwarnai Pengantre yang Membludak Tanpa Jaga Jarak

Surabaya – Pelaksanaan vaksinasi drive thru yang berlokasi di lapangan parkir Universitas Surabaya (Ubaya) terpantau membludak. Calon penerima vaksin Astrazeneca ini bejubel di beberapa area, seperti scan barcode dan cek kesehatan. Petugas, panitia dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Febria Rachmanita pun menegaskan pada masyarakat untuk berjaga jarak.

“Ayo jaga jaraknya, pakai motornya yang mau vaksin, disini drive thru,” tegas Febria pada peserta penerima vaksin drive thru, Sabtu (3/4/2021).

Ia dan petugas lain terus berkeliling mengingatkan penerima vaksin hingga benar-benar kondusif. Baik yang tidak menjaga jarak maupun yang tidak mengenakan masker dengan benar.

“Ayo jaga jaraknya pak. Itu maskernya dibetulin,” kata salah satu petugas sembari berjalan mengigatkan prokes.

Sempat ada salah satu driver ojek online memberikan protes saat diarahkan sesuai protokol kesehatan. Namun, tidak sedikit juga yang mengikuti arahan panitia. Sedangkan untuk drive thru kendaraan R4 terlihat kondusif. Alur pada area pengecekan kesehatan pun juga dirubah agar sesuai aturan tiga baris.

“Ayo barisnya dijadikan tiga. Tolong dijaga jaraknya,” kata Fenny.

Salah satu peserta vaksin drive thru dari masyarakat umum Surabaya, Setiawan (24) merasa bingung akan alur yang diberikan. Ia yang mengantre sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB belum juga dicek kesehatannya.

“Nggak seberapa jelas arahan dari petugasnya, jadi agak bingung. Agak sedikit takut. Sejak jam 10.00 WIB,” paparnya.

Sementara itu, Warek II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia Ubaya, Noviaty Kresna Darmasetiawan mengatakan, kerumunan tersebut dikarenakan antusias yang sangat tinggi. Peserta ingin mensukseskan program vaksinasi, sehingga ingin segera mendapatkan vaksinasi ini.

“Makanya antusiasnya tinggi sekali, sehingga mereka ingin cepat, khawatir tidak kebagian. Tapi semuanya akan kebagian,” kata Noviaty saat dikonfirmasi.

Dirinya menyatakan, membludaknya peserta vaksinasi baru terjadi pagi ini. Hari-hari sebelumnya selalu kondusif. Ia menduga, tingginya antusias peserta vaksinasi ini karena libur panjang.

“Kalau kemarin teratur tidak terlalu semembludak ini, mungkin hari libur juga, mereka banyak memang hari ini. Sementara mereka juga di hari libur ini sebagian restoran dan hotel menerima banyak orderan. Jadi mereka ingi cepat dan satu sisi mereka ingin mensupport mensukseskan dan mereka juga punya tugas di oekerjaannya masing-masing,” tutur Noviaty.

Hari ini, vaksinasi drive thru yang bekerja sama dengan halodoc dan Pemkot Surabaya yang diundang sebanyak 1.000. Agar tidak menimbulkan kerumunan, pihaknya melakukam cara buka tutup.

“Kemudian bu kadinkes ikut turun sendiri untuk mengatur supaya mereka menjadi tertib dan protokol kesehatan itu penting. Masker tetap dipakai, jaga jarak dan sebagainya. Sebagian besar karena dari hotel, restoran dan gojek ini atitude cukup bagus. Jadi mereka kondusif untuk bisa diatur kembali,” ucapnya.

Kendati demikian, untuk alurnya sendiri terlebih dahulu mengambil form dan diisi sesuai kondisi kesehatannya, termasuk suhu tubuh dan sebagainya. Setelah diisi, menuju pada pengecekan tensi dan sebagainya.

“Kalau mereka tidak lolos screening akan ditolak dan tidak boleh ke tahap berikutnya. Sampai penyuntikan ada pengamatan 30 menit apakah ada KIPI, kalau oke bisa kembali. Ada obat dan vitamin yang diberikan kepada peserta vaksin,” pungkas Noviaty.

Sebagai informasi, pelaksanaan vaksinasi drive thru di Ubaya dibuka pukul 08.00 – 16.00 WIB selama tiga bulan atau sampai Juni.

Informasi ” Vaksinasi Drive Thru Ubaya Sempat Diwarnai Pengantre yang Membludak Tanpa Jaga Jarak
Telah Tayang di : https://infosurabaya.id/2021/04/03/vaksinasi-drive-thru-ubaya-sempat-diwarnai-pengantre-yang-membludak-tanpa-jaga-jarak/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×