Vaksinasi Lansia Jika Terkendala ke Puskesmas, Petugas yang ke Rumah

  • Bagikan
Vaksinasi Lansia Jika Terkendala ke Puskesmas, Petugas yang ke Rumah

Vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya masih terus dikebut. Dokter Khusnul Kepala Puskesmas Dukuh Kupang mengatakan akan terus melakukan sosialisasi agar target vaksinasi lansia bisa selesai tepat waktu. Untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di tingkat kecamatan, pihaknya tak segan untuk turun langsung mendatangi ke rumah lansia.

“Jemput bola ini sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu dan masih akan terus berjalan,” kata dokter Khusnul, Jumat (23/4/2021).

Ia menjelaskan lansia yang disuntik vaksin di masing-masing rumahnya dilakukan apabila yang bersangkutan tidak dapat datang ke Puskesmas.  “Kalau tidak bisa datang ke posko layanan, kami yang datang ke rumahnya,” jelasnya.

Selain langsung menyambangi sasaran vaksinasi, ia juga membangun komunikasi dengan melibatkan peran RT/ RW,  sebab masyarakat masih butuh diyakinkan bahwa vaksin covid-19 aman dan tidak berbahaya. “Alhamdulillah setelah kami datangi mereka tidak mengalami penolakan. Kami lakukan pendekatan humanis sehingga lansia tidak takut untuk disuntik,” ujarnya.

Bertempat  di Balai RT 3/ RW 3 Dukuh Pakis, vaksinasi lansia dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, selesai menjelang salat Jumat. Untuk hari ini sekitar  97 orang lansia telah menerima vaksin dosis pertama. “Hanya satu orang yang menolak dengan alasan takut jarum suntik,” jelas Khusnul.

Ia mencatat jumlah lansia yang telah menerima vaksin kumulatif sudah mencapai 2.800 orang. Meskipun sudah puluhan ribu, Khusnul memastikan vaksin lansia terus berlanjut setiap harinya di Kecamatan Dukuh Pakis. Ia pun mengimbau para lansia untuk segera datang untuk divaksin. “Syaratnya, cukup bawa KTP, warga lansia kelahiran tahun 1961 ke atas bisa divaksin,” jelas Khusnul. (man/ipg)

Berita “Vaksinasi Lansia Jika Terkendala ke Puskesmas, Petugas yang ke Rumah” Sudah Tayang Sebelumnya di Suara Surabaya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×