Wagub Jatim Minta Tim SAR Waspada Longsor

  • Bagikan
Wagub Jatim Minta Tim SAR Waspada Longsor

Surabaya – Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak mengingatkan pada seluruh petugas yang sedang menjalankan evakuasi korban tanah longsor di Selopuro, Ngetos, Nganjuk, supaya tetap berhati-hati. Hal ini, dikhawatirkan akan diikuti longsor susulan yang kemungkinan masih bisa terjadi. Pasalnya, potensi longsor susulan ini bisa saja terjadi lantaran cuaca dan curah hujan di sekitar lokasi.

“Mengingat operasi pencarian dalam kondisi tanah longsor dan cuaca hujan berpotensi mengalami longsor susulan sehingga pencarian harus penuh kehati-hatian,” ungkap Emil, Senin (15/2/2021).

Emil mengungkapkan, proses pencarian masih terus dilakukan karena masih ada warga yang hilang dan belum ditemukan. Dari total 20 orang yang dinyatakan hilang, empat diantaranya sudah berhasil ditemukan, dua orang dalam kondisi hidup dan langsung mendapatkan perawatan medis. Sementara, untuk dua orang lainnya sudah meninggal dunia.

“Kita semua turut berduka atas bencana longsor di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Nganjuk yang terjadi kemarin menjelang malam. Telah terdapat korban jiwa, dan kita semua mendoakan semoga amal ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujarnya.

Ia juga berharap tim pencari bisa segera menemukan para korban yang masih hilang. Selain itu dia juga mendoakan supaya semua tim pencari yang tengah berjuang diberi keselamatan.

“Masih ada warga hilang yang belum bisa diketemukan. Semoga seluruh insan yang berjuang di lapangan diberikan keselamatan, dan warga yang terdampak mendapatkan ketabahan,” pungkas Emil.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi di Selopuro, Ngetos, Nganjuk, Jatim terjadi Minggu (15/2/2021) petang. Sebanyak 14 warga berhasil menyelamatkan diri, mereka menderita luka ringan. Selain itu ada 20 lainnya dinyatakan hilang. Dari ke 20 orang itu, sebanyak 2 orang yang sempat hilang telah ditemukan, keduanya menderita luka berat danbtengah dirawat. Lalu ada pula 2 warga yang ditemukan sudah tak bernyawa. Hingga kini diketahui masih ada 16 orang lain yang hilang.

Selain korban jiwa, longsor ininjuga mengakibatkan sebanyak 8 rumah rusak berat, 147 warga juga mengungsi ke rumah Kepala Desa Ngetos. Evakuasi warga, penanganan korban luka, serta penyediaan pos pengungsian tengah dilakukan. Pihak BPBD bersama Dinsos Jatim bergerak cepat untuk menyediakan kebutuhan para pengungsi.

Informasi “Wagub Jatim Minta Tim SAR Waspada Longsor” Telah Tayang di infosurabaya.id

Cari Berita Terkait Wagub Jatim Minta Tim SAR Waspada Longsor
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×