Wisata Religi di Masjid Al-Akbar Surabaya yang Megah

Release Oleh Info Surabaya

  • Whatsapp
Masjid Nasional Al-Akbar di Surabaya bisa menjadi tujuan wisata religi Anda, kemegahan gaya arsitektur modern dan unik masjid terbesar kedua di Indonesia ini diproyeksikan dengan wujud konsep masjid dalam arti luas, dimana sebagai Islamic Center yang memiliki peran multidimensi yang menyandang misi religius, edukatif dan kultural juga termasuk wisata religi.
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya (MAS) posisinya terletak di samping jalan tol Surabaya – Porong sehingga mudah untuk diakses oleh kendaraan. Masjid megah ini memiliki kubah berukuran besar dengan empat kubah kecil berwarna biru dan terdapat satu menara yang tingginya mencapai 99 meter. Dibangun pada 4 Agustus 1995 atas gagasan Wali Kota Surabaya kala itu H. Soenarto Soemoprawiro, serta peletakan batu pertama dilakukan oleh Try Sutrisno yang saat itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI.
Dalam pembangunannya Masjid Al-Akbar sempat dihentikan sementara waktu karena alasan kondisi Negara Indonesia kala itu sedang mengalami krisi moneter, namun kemudian kembali dibangun pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2001. Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid meresmikan Masjid Agung Surabaya ini pada tahun 2000, dan hingga kini masjid yang memiliki luas bangunan dan fasilitas penunjang 22.300 meter persegi ini masih berdiri kokoh dan terlihat megah dengan kubahnya yang berbentuk menyerupai setengah telur.
Ketika Anda menapaki kaki di Mesjid Al-Akbar Surabaya, jangan lewatkan pemandangan indah kota Surabaya, yang bisa dilihat dari atas menara Masjid setinggi 99 meter yang telah dilengkapi view tower pada ketinggian 68 meter, dimana untuk sampai kesana terdapat fasilitas lift yang bisa menampung sekitar 30 orang.
Pada Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya memiliki 45 pintu dengan konsep pintu ganda, semua pintu tersebut terbuat dari bahan kayu jati yang kokoh yang dibuat oleh para perajin kayu lokal Surabaya. Sedangkan kusennya sendiri terbuat dari rangka besi yang dilapisi kayu yang sudah di selasarkan dengan struktur dan nilai estetika masjid, engsel pintunya pun dibuat secara khusus, hal ini karena daun pintu pada masjid ini memiliki berat lebih dari 250 kg.
Kemudian masuk ke dalam ruangan dalam masjid akan merasakan suasana sejuk dan kusuk, karena pada dinding dan lantai masjid terbuat dari marmer yang didatangkan dari Lampung. Nuansa islami semakin terasa dengan hadirnya ukiran kaligrafi yang terbuat dari bahan kayu jati dengan finishing cat menggunakan sistem ducco, tulisan kaligrafi tersebut dirancang oleh Bapal Faiz yang berasal dari Bangil.

Bagi Anda yang senang dengan wisata religi bisa mengunjungi Masjid Agung Al-Akbar Surabaya ini, sambil beribadah sekaligus bisa menikmati kemegahan Masjid terbesar kedua di Indonesia ini setelah Masjid Istidlal di Jakarta.

Release Oleh Info Surabaya

Loading...

Pos terkait