Yuk Ikutan Lomba Bikin Video Tentang ‘Budaya Desa’

  • Bagikan
Yuk Ikutan Lomba Bikin Video Tentang ‘Budaya Desa’
Yuk Ikutan Lomba Bikin Video Tentang ‘Budaya Desa’
ILUSTRASI : Tradisi Nyadran di Kabupaten Sidoarjo

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Dalam rangka memajukan kebudayaan berbasis desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan lomba video dengan tema ‘Lomba Cerita Budaya Desaku’.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini berupa tantangan bagi peserta untuk membuat video tentang potensi budaya yang dimiliki oleh masing-masing desa.

Menurut Sukartini SPd MPd, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, ‘Lomba Cerita Budaya Desaku’ bertujuan menggali dan menampilkan potensi desa untuk dikenal di masyarakat secara luas.

“Manfaatnya sebagai sarana pemajuan desa yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan kebudayaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budaya,” kata Sukartini.

Dia menambahkan, karya yang dilombakan adalah video tentang budaya desa berupa video reportase, film pendek, dokumentasi peristiwa budaya dengan tema ‘Cerita Budaya Desaku’.

Persyaratan peserta: (1) Warga Negara Indonesia; (2) Setiap peserta dapat mengirimkan video untuk mewakili kategori usia 9-15 tahun (siswa SD, SMP Negeri dan swasta, kelompok sanggar, masyarakat umum) dan kategori usia 16 tahun ke atas (siswa SMA Negeri dan swasta, guru, kelompok sanggar, masyarakat umum) masing-masing satu karya; (3) Beranggotakan minimal 3 orang.

Sedangkan substansi karya yaitu membuat video tentang satu aspek budaya desa terkait potensi/identitas/warisan budaya baik benda maupun tak benda. “Contoh benda berupa cagar budaya, rumah adat, monumen/prasasti/naskah, alat pertanian, perikanan, dan hasil cipta reka teknologi yang diwariskan/inovasi lokal,” ungkap Dr Tirto Adi MPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

Adapun tak benda berupa cerita/sejarah/asal-usul desa seperti pengetahuan yang diturunkan/diciptakan seperti kuliner desa, pengobatan tradisional. Tradisi/kebiasaan yang mewujudkan kearifan lokal untuk ketahanan pangan dll, Kesenian seperti musik, tari, seni teater, seni pertunjukan, permainan anak, Keahlian lokal misalnya bela diri dan lain-lain.

Yang terkait kegiatan desa seperti bersih desa dengan ara yang khas, festival desa, ritual khas desa, dan inovasi lokal dan kreativitas lokal lainnya.

Ketentuan umum: (1) Karya orisinal dan bukan hasil plagiarisme dari sumber buku, artikel, atau naskah, baik yang berasal dari konten daring maupun luring; (2) Konten bebas dari hal-hal yang mengandung disinformasi, ujaran kebencian isu suku, agama, ras, dan antargolongan, serta pornografi; (3) Video belum pernah diperlombakan di dalam kompetisi lain maupun dipublikasikan di media sosial ataupun media massa; (4) Panitia penyelenggara berhak atas pemanfaatan video di kemudian hari; (5) Karya yang tidak sesuai ketentuan dan persyaratan tidak akan diikutsertakan dalam penjurian; (6) Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat; (7) Fokus pada satu unsur budaya/mengangkat satu tema khusus (bukan profil desa).

Ketentuan teknis: (1) Video wajib diunggah kualitas HD 1280 x 720 (720p) di kirim ke panitia melalui; (2) Kategori Usia 9 s/d 15 tahun ke akun sapto202@gmail.com; (3) Kategori Usia 15 tahun keatas ke akun masuwandi@gmail.com; (4) Video dapat dibuat menggunakan kamera profesional maupun kamera ponsel pintar dengan durasi minimal 3 menit dan maksimal 10 menit; (5) Apabila ada percakapan dalam video yang menggunakan bahasa daerah disertakan teks terjemahan dalam bahasa Indonesia; (6) Video yang diunggah wajib menggunakan judul ‘Cerita Budaya Desaku’ data dan alamat lengkap.

Waktu Pelaksanaan lomba: (1) Pendaftaran tanggal 8 Oktober s/d 7 November 2021 mendaftar langsung ke Bidang Kebudayaan pada jam kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 s/d 15.00 Wib
atau melalui surat atau E-buddy ditujukan ke Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Jl. Pahlawan No. 04.

Pengiriman karya tanggal 19 Oktober s/d 9 November 2021 melalui: Kategori usia 9 s/d 15 tahun ke akun sapto202@gmail.com, kategori usia 15 tahun ke atas ke akun masuwandi@gmail.com.
Penjurian tanggal 10-11 November 2021. Sedangkan pengumuman tanggal 12 November 2021 melalui Instagram bidkebud.sda dan akun sapto202@gmail.com dan masuwandi@gmail.com.

Dalam lomba ini diambil 10 pemenang mendapat piala dan piagam dari dua kategori dan dua pemenang terunik mendapat piala dan piagam dari dua kategori.

Tanggal 13 November 2021, bertempat di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo, dilangsungkan penyerahan hadiah. Setiap pemenang menceritakan pengalamannya memproduksi video serta pemutaran video bagi pemenang. ana

Informasi ” Yuk Ikutan Lomba Bikin Video Tentang ‘Budaya Desa’
Telah Tayang di : https://inisurabaya.com/2021/11/yuk-ikutan-lomba-bikin-video-tentang-budaya-desa/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berita Surabaya

Install
×